EWPK (Ekstra Wajib Pendidikan Kepramukaan)

 

Pramuka ekstrakuriler wajib?
Padahal tidak semua anak suka Pramuka. Mengapa sih, Pramuka harus diwajibkan?  Bukan ekstrakuriler yang lain?  Kelompok Ilmiah Remaja, misalnya? Atau English Club? Sepertinya lebbih berhubungan dengan dunia pendidikan daripada Pramuka.

Hal-hal semacam ini sering muncul dibenak anak sebagai peserta didik maupun  orang tua. Dan tak sedikit yang hanya menyimpan pertanyaannya dalam hati saja, tidak diungkapkan sehingga tidak terjawab. Pihak sekolah pun banyak yang tidak memberikan penjelasan mengapa pendidikan kepramukaan ini menjadi ekstrakuriler wajib hampir dan bahkan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

Pramuka, Praja Muda Karana adalah organisasi kepanduan berdasarkan Keputusan Presiden  Nomor 238 tahun 1961 tertanggal 20 Mei 1961. Diperkuat lagi dengan Undang-undang nomor 12 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Pramuka sendiri merupakan kepanduan pemuda satu-satunya yang memmpunyai dasar hukum dari pemerintah setelah peleburan semua kepanduan. Disepakati menjadi Pramuka. Pendidikan Kepramukaan  sendiri adalah pendidikan non formal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai kepramukaan dan diselenggarakan menurut metode kepramukaan.

Metode yang dimaksud adalah belajar interaktif dan progresif di alam terbuka dengan bimbingan orang dewasa. Menurut Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Ekstrakuriler Wajib Pendidikan Kepramukaan atau yang lebih dikenal dengan EWPK adalah penerapan pendidikan kepramukaan dalam pembelajaran sehari-hari. Peserta didik diajak untuk menggali lebih jauh materi yang dipelajari dengan metode kepramukaan. Dalam hal ini guru sebagai pembimbing selaku orang dewasa. Sementara peserta didik sebagai pembelajar.

Karena hanya metodenya saja yang dipakai, dalam pelaksanaan peserta didik maupun pembimbing tidak harus berseragam pramuka.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *